BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Gambar
Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll) Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pang

KEGIATAN BANTUAN BINA LINGKUNGAN/CSR DI EKOWISATA SUNGAI MUDAL

PT. PLN (Persero) MENYALAKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT

Kegiatan Bina Lingkungan di Ekowisata Sungai Mudal Tahun 2016, terdiri dari 2 tahap yaitu :
I. Tahap pertama Bulan September 2016, alokasi kegiatan untuk :

1. Pembangunan Musholla "Tombo Ati" Taman Sungai Mudal


2. Renovasi Sarana Air Bersih untuk masyarakat, kegiatan ini untuk mengaktifkan kembali Sarana dan prasarana air bersih eks PDAM yang tidak berfungsi maksimal, dengan pengadaan mesin Submersible dan instalasinya, Dan juga telah dipasang meter listrik dengan daya 3500 VA. Rencana pemanfaat air tersebut dapat mencapai 135 KK ditambah Kantor Kades Jatimulyo, Pasar Desa (pasar Cublak), SMKN 1 Girimulyo, SDN Sokomoyo 1 dan SMPN 3 Girimulyo. Untuk pengelolaannya sudah dibentuk OKAM (Orgnisasi Kelola Air Mandiri) bernama OKAM "Tirta Manunggal" dengan Ketua Saudara Sakimin.



3. Penanaman 1000 batang bibit Pohon Pala di sekitar area Ekowisata Sungai Mudal, dengan tujuan untuk konservasi alam yaitu untuk mencegah tanah longsor dan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pohon Pala dapat berbuah mulai umur tanaman 4 tahun. Selain itu pohon pala adalah pohon serbaguna, karena dari daun, batang, buah, biji semuanya dapat dimanfaatkan. Daunnya bisa disuling menjadi minyak atsiri, kulit buah untuk manisan pala dan sirup pala, sedang biji dan fulinya berfungsi untuk bahan rempah-rempah dan obat-obatan.


4. Pembangunan jalan setapak dengan jarak 100 meter dari kolam pemandian gedoya sampai dengan jembatan di dekat  pintu masuk sebelah atas / musholla "Tombo Ati". Sebelum mendapatkan sentuhan dari program Bina Lingkungan / CSR dari PT.PLN (Persero) kondisi jalan setapak masih jalan tanah, sehingga apabila hujan turun jalan sangat licin dan sering pengunjung terpeleset dan jatuh. Setelah jalan setapak terbangun pengunjung dengan nyaman dapat sampai ke lokasi.


II. Tahap ke-2 Bulan Desember Tahun 2016, alokasi dana untuk kegiatan :

1. Pengadaan Tenda Kemping sebanyak 21 pcs, terdiri dari Tenda Dome 16 pcs (kapasitas 6 orang 9 pcs, kapasitas 4/5 sebanyak 7 pcs, dan Tenda Prisma kapasitas 10/12 orang  sebanyak 5 pcs. sedangkan daya tampung Camping Ground Ekowisata Sungai Mudal kurang lebih 150 orang. Dalam perencanaan area kemping akan dikembangkan di lokasi tidak jauh dari tempat wisata ini, dengan daya tampung 1000 orang dengan lahan 1,5 Hektare.

2. Pengadaan Sound System untuk kegiatan pertemuan/rapat  dan outbound serta sound system untuk musholla. Mengingat gazebo di tempat wisata ini sering digunakan untuk rapat dan area lapang juga berfungsi untuk tempat kegiatan outbound maka perlu sekali untuk sarpras penunjang kegiatan berupa seperangkat soundsystem.




3. Pengadaan rangka rumah tenda dan atap, untuk kepentingan acara seremonial di Ekowisata Sungai Mudal. Pengadaan rumah tenda tersebut sejumlah 2 unit dengan ukuran 4 x 6 meter.

Semoga bermanfaat untuk perkembangan Ekowisata Sungai Mudal dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

PT. PLN (Persero) MENYALAKAN KEHIDUPAN MASYARAKAT


tag: Wisata Kulon Progo, River Park 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

BANTUAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN PT. PLN (Persero) TAHUN 2019

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT