BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Gambar
Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll) Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pang

EKOWISATA SUNGAI MUDAL BINAAN PT. PLN (Persero)

EKOWISATA SUNGAI MUDAL BINAAN PT. PLN (Persero)

Ekowisata Sungai Mudal mulai tahun 2016 telah menjadi binaan PT. PLN (Persero) dengan Program Bina Lingkungan / CSR. Yang membuat destinasi wisata ini  dilirik sebagai kawasan yang patut diperhitungkan dalam program CSR karena:
1.        Dari awal pendirian tempat wisata ini tgl 28 Februari 2015 masyarakat selalu terlibat terhadap pengembangan wisata;
2.        Semangat Gotong Royong masyarakat untuk membangun masih terpelihara di dalam kehidupan bermasyarakat Pedukuhan Banyunganti;
3.        Potensi terhadap pengembangan Ekowisata berbasis Wisata Tirta sangat cocok dikembangkan di lingkungan wisata ini, antara lain :
a.      Pelestarian Mata air Mudal dan sekitarnya.
b.      Taman Sungai
c.      Konservasi Alam (flora & fauna)
d.      Olah Raga ( Kolam renang dan pemandian alami )
e.      Perikanan ( ikan konsumsi dan hias)
f.       Pembangkit listrik mini (Mikro hydro)
g.      Outbound
h.      Pengembangan area kemping.
i.       Wisata Edukasi dan Sekolah Sungai / Alam.
j.    Taman Batu ( Stone Garden )
4.      Visi dan Misi Ekowisata Sungai Mudal sinergis dengan kebijakan Pemerintah Desa Jatimulyo (Perdes No. 8 th. 2014 ttg Pelestarian Lingkungan Hidup, Perdes Pengelolaan Wisata Desa & Perdes Pengelolaan SDA) dan Program CSR PT PLN (Persero)

Peran PT. PLN (Persero)  dalam kontribusi berkembangnya kawasan Sungai Mudal
Secara kelembagaan  pembina Ekowisata Sungai Mudal adalah Kepala Desa Jatimulyo dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kab. Kulon Progo, setelah PLN masuk di Ekowisata Sungai Mudal secara otomatis PLN menjadi Pembina Ekowisata Sungai Mudal.
Sehingga PLN selaku pembina Ekowisata Sungai Mudal berkewajiban mewujudkan Visi dan Misi Ekowisata Sungai Mudal yaitu mewujudkan wisata yang SEHAT dan visi dan misi tersebut sudah dijabarkan dalam program kerja Ekowisata Sungai Mudal.  Dan golnya tentu saja adalah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Mengapa Sungai Mudal dapat disebut Ekowisata ?
Disebut EKOWISATA karena  kegiatan Ekowisata  Sungai Mudal  yang  bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami, memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat. Dan kegiatan Ekowisata Sungai Mudal mengacu pada Prinsip Ekowisata yaitu :
n  Mencegah dan menanggulangi dampak
n  Pendidikan konservasi lingkungan
n  Pendapatan langsung untuk kawasan
n  Partisipasi masyarakat dalam perencanaan
n  Penghasilan masyarakat
n  Menjaga keharmonisan dengan alam
n  Daya dukung lingkungan.


Gapura Selamat Datang

Area Parkir

Monumen ESM

Pemandian Alami

Wahana Flying Fox Selfi

Wahana Flying Fox

Eduwisata Ketenagalistrikan Picohidro

  
Jembatan ESM


Mata Air Mudal

Foto PreWedding

Pemandian Alami Gedoya

Konservasi Pakis

Upacara Pernikahan

Musik Kontemporer

Sayang Satwa

Pemandian Alami

Bantaran Sungai yang bersih dan indah

Goa Mudal

Tempat Pertemuan / Rapat

Upacara Adat

Area Kemping

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

BANTUAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN PT. PLN (Persero) TAHUN 2019

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT