KUNJUNGAN KERJA DEPUTI SDM DAN TI KEMENTERIAN BUMN DI EKOWISATA SUNGAI MUDAL

Gambar
Kunjungan kerja Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Bapak  Tedi Bharata, beserta Tim kedeputian yaitu:  Bpk. Erick Taufan (TJSL)  Bpk. Faishal Sandy (SDM)  Bpk. Deni Setiawan (IT)  Ibu Septiana(TJSL)  Diikuti dari Tim dari PT. PLN (Persero) yaitu:  Bpk. Irwanshah Putra, GM DIY  Ibu Endah Yuliati, SRM Keuangan  Bpk. M. Fatkhul Hakim, SRM Ren  Bpk. Ahmad Muustaqir, Manager UP3 Yogyakarta &  Anggota Tim Kunjungan Kerja.  Dihadiri oleh tamu undangan :  Panewu Girimulyo  Lurah Jatimulyo yang diwakili oleh Carik Jatimulyo  Pelaku usaha / UMKM di area Ekowisata Sungai Mudal dan  Pengurus dan anggota organisasi Ekowisata Sungai Mudal  Setelah acara dibuka oleh pembawa acara disampaikan ucapan selamat datang dan laporan oleh ketua organisasi Ekowisata Sungai Mudal (Rudi Hastaryo). Ketua organisasi melaporkan bahwa PT PLN (Persero) dengan program bina lingkungan / PLN Peduli telah membina Ekowisata Sungai Mudal sejak Tahun 2016,  Peran BUMN dalam hal ini PT PL

EKOWISATA SUNGAI MUDAL BINAAN PT. PLN (Persero)

EKOWISATA SUNGAI MUDAL BINAAN PT. PLN (Persero)

Ekowisata Sungai Mudal mulai tahun 2016 telah menjadi binaan PT. PLN (Persero) dengan Program Bina Lingkungan / CSR. Yang membuat destinasi wisata ini  dilirik sebagai kawasan yang patut diperhitungkan dalam program CSR karena:
1.        Dari awal pendirian tempat wisata ini tgl 28 Februari 2015 masyarakat selalu terlibat terhadap pengembangan wisata;
2.        Semangat Gotong Royong masyarakat untuk membangun masih terpelihara di dalam kehidupan bermasyarakat Pedukuhan Banyunganti;
3.        Potensi terhadap pengembangan Ekowisata berbasis Wisata Tirta sangat cocok dikembangkan di lingkungan wisata ini, antara lain :
a.      Pelestarian Mata air Mudal dan sekitarnya.
b.      Taman Sungai
c.      Konservasi Alam (flora & fauna)
d.      Olah Raga ( Kolam renang dan pemandian alami )
e.      Perikanan ( ikan konsumsi dan hias)
f.       Pembangkit listrik mini (Mikro hydro)
g.      Outbound
h.      Pengembangan area kemping.
i.       Wisata Edukasi dan Sekolah Sungai / Alam.
j.    Taman Batu ( Stone Garden )
4.      Visi dan Misi Ekowisata Sungai Mudal sinergis dengan kebijakan Pemerintah Desa Jatimulyo (Perdes No. 8 th. 2014 ttg Pelestarian Lingkungan Hidup, Perdes Pengelolaan Wisata Desa & Perdes Pengelolaan SDA) dan Program CSR PT PLN (Persero)

Peran PT. PLN (Persero)  dalam kontribusi berkembangnya kawasan Sungai Mudal
Secara kelembagaan  pembina Ekowisata Sungai Mudal adalah Kepala Desa Jatimulyo dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kab. Kulon Progo, setelah PLN masuk di Ekowisata Sungai Mudal secara otomatis PLN menjadi Pembina Ekowisata Sungai Mudal.
Sehingga PLN selaku pembina Ekowisata Sungai Mudal berkewajiban mewujudkan Visi dan Misi Ekowisata Sungai Mudal yaitu mewujudkan wisata yang SEHAT dan visi dan misi tersebut sudah dijabarkan dalam program kerja Ekowisata Sungai Mudal.  Dan golnya tentu saja adalah Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Mengapa Sungai Mudal dapat disebut Ekowisata ?
Disebut EKOWISATA karena  kegiatan Ekowisata  Sungai Mudal  yang  bertanggung jawab terhadap kelestarian area yang masih alami, memberi manfaat secara ekonomi dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat. Dan kegiatan Ekowisata Sungai Mudal mengacu pada Prinsip Ekowisata yaitu :
n  Mencegah dan menanggulangi dampak
n  Pendidikan konservasi lingkungan
n  Pendapatan langsung untuk kawasan
n  Partisipasi masyarakat dalam perencanaan
n  Penghasilan masyarakat
n  Menjaga keharmonisan dengan alam
n  Daya dukung lingkungan.


Gapura Selamat Datang

Area Parkir

Monumen ESM

Pemandian Alami

Wahana Flying Fox Selfi

Wahana Flying Fox

Eduwisata Ketenagalistrikan Picohidro

  
Jembatan ESM


Mata Air Mudal

Foto PreWedding

Pemandian Alami Gedoya

Konservasi Pakis

Upacara Pernikahan

Musik Kontemporer

Sayang Satwa

Pemandian Alami

Bantaran Sungai yang bersih dan indah

Goa Mudal

Tempat Pertemuan / Rapat

Upacara Adat

Area Kemping

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGGARAN RUMAH TANGGA ORGANISASI ESM

PEMBANGUNAN GAPURA PINTU MASUK