BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Gambar
Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll) Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pang

PEMBANGUNAN KOLAM PEMANDIAN ANAK-ANAK

PEMBANGUNAN KOLAM PEMANDIAN ANAK-ANAK

Untuk membuat pengunjung Ekowisata Sungai Mudal agar tidak kecewa karena kolam pemandian anak-anak di bantaran sungai hanya ada 2 buah, maka dimunculkan program pembuatan kolam pemandian anak-anak permanen. Dan hari ini Kamis, 23 Januari 2020 dimulai pengerjaannya, setelah pembuatan lubang kolam sudah selesai dikerjakan. Setelah kolam dimaksud sudah dapat berfungsi pengunjung khususnya anak-anak akan tersalurkan keinginannya yaitu bermain air dan mandi di kolam anak-anak. Kolam tersebut dengan volume lebih kurang 5 x 6 meter dan dengan kedalaman kolam 60 cm s/d 75 meter. Didasar kolam nanti akan dipasang keramik agar lantai kolam lebih datar, aman dan nyaman untuk kegiatan bermain air. 





Waktu istirahat dimanfaatkan untuk makan siang 

Apabila di Ekowisata Sungai Mudal dalam keadaan hujan deras atau sehabis hujan deras biasanya bantaran sungai volume dan debit air bertambah besar dan airnya tidak bisa jernih. Sebagai solusi kolam inilah yang dapat sebagai pengganti apabila kondisi bantaran sungai sedang tidak memungkinkan untuk kegiatan anak-anak bermain air / mandi. Rencananya apabila air dari bantaran sungai agak keruh, sumber air kolam ini akan diambil dari mata air yang berada di utara Mata Air Mudal yang kondisi airnya selalu jernih.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGGARAN RUMAH TANGGA ORGANISASI ESM

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT

PEMBANGUNAN GAPURA PINTU MASUK