BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll)

Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat.

Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pangan. Secara kebetulan masyarakat yang ditemui oleh tim ESM, mereka membutuhkan bibit tanaman jagung.

Mudah-mudahan kedepan setelah data diperoleh bisa untuk menentukan kebutuhan bibit apa yang dikehendaki oleh masyarakat yang membutuhkan. Dan Program bantuan bibit akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, merupakan upaya organisasi untuk membantu program pemerintah yaitu program ketahanan pangan. 

Di Kulon Progo ada program inovasi yaitu GEMPAR ( Gerakan Menanam Tanaman Pangan di Pekarangan) dari program tersebut banyak masyarakat yang tergerak untuk menghijaukan pekarangannya dengan menanam tanaman pangan dan sayur mayur. Selain itu program GEMPAR mempunyai slogan: "ISO NANDUR NOPO TUKU"  yang merupakan wujud "BELA BELI KULON PROGO". 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT

ANGGARAN RUMAH TANGGA ORGANISASI ESM