BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Gambar
Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll) Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pang

PROGRAM CSR PLT PICOHIDRO PT PLN (Persero)

PEMBANGUNAN PLT PICOHIDRO DI EKOWISATA SUNGAI MUDAL

Listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan primer umat manusia. Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan, hampir semua aktivitas sehari-hari menggunakan listrik sebagai contoh: menonton televisi, bermain komputer, menyalakan lampu untuk menerangi ruangan, dan belajar. Listrik sangat menunjang peningkatan taraf hidup manusia. Jadi, bila bangsa ini mampu menyediakan listrik bagi rakyatnya, maka taraf hidup masyarakat dapat lebih baik lagi.
Menurut data Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal tahun 2009, di Indonesia masih ada sekitar 7.500 desa yang belum dimasuki atau dialiri aliran listrik. Masih sekitar 30.000 desa di Indonesia yang belum teraliri listrik. Banyak desa yang belum teraliri listrik tersebut berlokasi di daerah sekitar sungai, padahal sungai merupakan salah satu potensi untuk menghasilkan energi listrik. Kita dapat mengubah energi aliran arus sungai itu menjadi energi listrik dengan cara menggerakan generator melalui arus air sungai tersebut dan kemudian dari generator tersebut akan dihasilkan yang dinamakan arus listrik. Arus listrik yang dihasilkan ini dapat kita salurkan ke rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar pembangkit tersebut. Karakteristik sungai di Indonesia ini adalah sungai yang landai dan arus sungai nya juga tidak begitu deras, maka sangat memungkinkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga air skala pikohidro.
Mengapa pembangkit listrik ini dinamakan berskala pikohidro? Karena pembangkit listrik ini hanya dapat menghasilkan sekitar 500 – 2.000 watt per unit pembangkit. Walaupun besar energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik ini memang tidak begitu besar. namun dengan adanya listrik maka akan sangat membantu masyarakat kita dalam aktivitasnya terutama di malam hari seperti belajar bagi anak-anak pelajar, dan di siang hari dapat digunakan menggerakan peralatan produktif seperti mesin parut kelapa atau industri kecil rakyat.
Di Ekowisata Sungai Mudal pada Tahun 2017 ini mendapatkan bantuan dari Program CSR PT. PLN PUSHARLIS Bandung, yaitu Pembangkit Tenaga Listrik Picohidro, dengan daya 8,5 KW sampai dengan 10 KW pada musim hujan dan minimal 900 kwh pada musim kemarau. 
Tujuan dibangunnya PLT Picohidro di ESM adalah untuk Wisata Edukasi tentang Ketenagalistrikan, sehingga sekolahan ataupun masyarakat dapat melakukan stdy banding tentang ketenagalistrikan khususnya PLT Picohidro. Program Tahun 2018 rencana ESM akan berswadaya membangun rumah untuk bisa memutar film ketenagalistrikan sehingga masyarakat dan para pelajar bisa cepat berproses untuk memahami tentang ketenagalistrikan.
PLT Picohidro Ekowisata Sungai Mudal akan dipergunakan untuk : Penerangan jalan lingkungan, Penerangan area wisata dan Penerangan di Rumah Pembelajaran Ketenagalistrikan.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

BANTUAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN PT. PLN (Persero) TAHUN 2019

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT