BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

Gambar
Organisasi Ekowisata Sungai Mudal secara spontanitas menyalurkan bantuan bibit tanaman pangan kepada masyarakat di lingkungan ESM yang secara kebetulan membutuhkan bibit tanaman pangan. Pada awalnya  program bansos yang telah disepakati di organisasi berupa: Bantuan Sosial bertepatan pada bulan suci Ramadhan, Bantuan sosial berupa pembangunan Sarpras bertepatan dengan Harlah Organisasi Tgl 28 Februari, dan Bansos yang sifatnya temporer (apabila anggota masyarakat di sekitar ESM ada yang menderita sakit, Program bantuan RTLH, dll) Dalam rencana organisasi ESM akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar ESM, mengenai kebutuhan bibit tanaman pangan dan tanaman konservasi, yang akan disalurkan ketika musim hujan tiba. Dari sosialisasi tersebut akan dimiliki data  bibit tanaman pangan dan konservasi yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan bibit secara spontanitas tersebut merupakan ide organisasi ESM agar, masyarakat sekitar bisa tercukupi akan kebutuhan sayur mayur dan tanaman pang

PENGADAAN TEMPAT CUCI TANGAN UNTUK WISATAWAN

PENGADAAN DAN PEMASANGAN TEMPAT CUCI TANGAN

Dalam rangka mengkampanyekan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) & Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS)  serta antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) yang pada saat ini baru menjadi bencana/ wabah/ pandemi di seluruh wilayah di Indonesia bahkan Dunia. Organisasi Ekowisata Sungai Mudal, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo  berupaya dan berusaha untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya dengan cara pengadaan tempat cuci tangan dengan sabun di area Ekowisata Sungai Mudal. Dan tempat cuci tangan dari gerabah tersebut ditempatkan di pintu masuk wisata dengan harapan apabila ada wisatawan baik wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara / lokal diwajibkan untuk cuci tangan terlebih dahulu, setelah itu baru bisa beli tiket masuk wisata. Dengan diterapkannya wisatawan harus cuci tangan dengan sabun  maka bisa meminimalisir penularan virus / bakteri yang menempel di tangan. Pengadaan Tempat Cuci Tangan dari gerabah dibelanjakan pada Tanggal 17 Maret 2020, dan pemasangan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2020.


Ditempatkan di :
1. Samping  Pendopo Ekowisata Sungai Mudal
2. Loket Bawah
3. Loket Atas
4. Taman
(Foto menyusul)
Semoga dengan pemasangan tempat cuci tangan ini bisa untuk sarana membudayakan PHBS menuju Pariwisata yang Sehat, tentu saja harus memenuhi persyaratan item yang lain antara lain: Papan Informasi, SOP (Standar Operasional Prosedur (SOP P3K, SOP Pengamanan Tempat Wisata, SOP Kebencanaan, dll), Penanganan Sampah ( pengadaan Bak Sampah, penanganan limbah), Pengadaan Rambu-rambu penunjuk arah ke tempat wisata, dan lain lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANTUAN BIBIT TANAMAN PANGAN SECARA SPONTANITAS KEPADA MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ESM

BANTUAN PROGRAM BINA LINGKUNGAN PT. PLN (Persero) TAHUN 2019

HARGA PAKET MAKRAB, KEMPING,OUTBOUND & SEWA TEMPAT